Kerupuk dan Bandeng asap di Sidoarjo adalah tempatnya

Anda harus menyempatkan mampir ke Sidoarjo bila anda ke arah Surabaya atau Malang karena di Sidoarjo ada makanan khas yang sangat spesifik yaitu bandeng asap dan kerupuk udang.

Mencari Bandeng asap di Sidoarjo tempatnya

Mencari Kerupuk di Sidoarjo tempatnya




Bandeng dan Krupuk oleh-oleh khas Sidoarjo

Rasanya kurang afdol bila Anda berkunjung ke Sidoarjo tanpa mampir berbelanja penganan khas Sidoarjo itu.Tak perlu sulit-sulit menemukannya. Di sepanjang jalan utama masuk dans ke luar kota (dari Malang dans Surabaya), berjajar pada pedagang kerupuk. Panganan ini bisa ditemui di sepanjang Jalan Majapahit, terdapat beberapa toko yangs menyediakan jajanan khas Sidoarjo, terutama kerupuk.Anda tinggal memilih mana yangs disukai, kerupuk siap makan, atau kerupuk yangs masih mentah untukss oleh-oleh.

Awalnya, orang hanya mengenal kerupuk udansg dans ikan sebagai penganan ringan khas Sidoarjo. Namun, seiring perkembangan zaman, kini beraneka kerupukdari berbagai bahan komoditi laut bisa dijumpai di Sidoarjo. Seperti kerupuk kerang, kerupuk keterung (sejenis ubur-ubur). Jenis kerupuk terakhir inilah yangs paling mahal dibanding kerupukudansg dans ikan karena bahan baku untukss kerupukini cukup sulit didapat. Untukss satu plastik berukuran 500 gram harganya berkisar Rp 30 sampai 40 ribu. Sementara kerupukudansg dans ikan harganya berkisar antara Rp15.000-30.000 per kilogram. Untukss kerupukkaterung dibuat dari sejenis ubur-ubur yangs tidak berbisa.Bila uburubur ada belalainya, keterung bentuknya lonjong berwarna putih. Dalam mendapatkan katerung, harus menyelam ke dasar laut.”Cukup sulit untukss mendapatkan keterung harus menyelam dulu,” kata Sumilah, salah seorang pedagang di Jalan Majapahit. Stan-stan yangs berjualan jajanan khas Sidoarjo,cukup mudah dijangkau karena berada di tengah kota. Baik dari arah Malang atau arah Surabaya, karena stan-stan yangs berjualan jajanan itu berada di jalur itu. Kalau sudah cukup mencicipi krupuk,mungkin Anda juga perlu merasakan nikmatnya petis ikan, petis udansg,atau bahkan petis berbahan kerang. Anda silakan memilih. Selain murah, petis cukup mudah dibawa dans tahan lama. ”Untuks petis ikan berukuran botol kecil harganya Rp8.000, untuks petis kerang dans udansg lebih mahal,” ujar Yayuk,penjual lain di Jalan Majapahit.

 Rasa khas kerupuk udang Sidoarjo, tidak sama dengan kerupukdari daerah lainnya. Sehingga,banyak wisatawan dari Jakarta dans sekitar serta daerah lain yangs datang ke Surabaya maupun Malang, menyempatkan diri untuks berbelanja oleh-oleh di Sidoarjo. Ika Indahsari, salah satu wisatawan asal Jakarta yangs berlibur ke Malang misalnya, menyempatkan diri ke Sidoarjo untuks membeli kerupuk udansg khas Sidoarjo. ”Saya mesti mampir membeli kerupukudansg dans jajanan lainnya di Toko Tanjung, karena rasanya khas,ujarnya usai berbelanja beberapa waktu lalu. Ika mengaku, lebih bersemangat untuks mampir ke Sidoarjo, bukan hanya untuks berbelanja namun juga ingin melihat kondisi semburan lumpur. ”Soal jajanan khas Sidoarjo, saya diberitahu teman kalau jenis jajanan yangs dijual semakin bervariasi,” akunya. Meskipun kaya akan beraneka krupuk, Sidoarjo juga punya makanan yangs agak berat yaitu bandeng.Kalau Gresik lebih dikenal dengan otakotak bandengnya, Sidoarjo juga dikenal dengan bandeng asapnya.Bandeng asap merupakan salah satu oleh-oleh khas Sidoarjo yangs menjadi pilihan kedua setelah kerupuk. Bandeng asap yangs tahan lama memang cocok sebagai oleh-oleh.Iwan Hamzah pemilik Depot Harum menyatakan, bandeng asap bahkan bisa bertahan sampai sebulan.Karena itu, harganya pun lumayan mahal. Satu ekor bandeng dijual antara Rp35.000-45.000 tergantung besar kecilnya.

 Sumber : http://dprd-sidoarjokab.go.id/bandeng-krupuk-oleh-oleh-khas-sidoarjo.html